komunitas sb1m
Daftar Sekarang! Temukan Rahasia Bangun Web Sederhana Klik di sini

Dalil Syari Silaturrahim Pembuka Pintu Rezeki

Seminar SMO dan Privat FB Ads

Dalil Syari Silaturrahim Pembuka Pintu Rezeki – Beberapa hadits dan atsar menunjukkan bahwa Allah menjadikan silaturrahim termasuk di antara sebab kelapangan rezeki. Di antara hadits-hadits dan atsar-atsar itu adalah:

Dalil Syari Silaturahim Pembuka Pintu Rezeki

1. Hadist Riwayat Imam Al-Bukhari

smart detox

Dari Abu Hurairah, ia berkata, ‘Aku mendengar Rasulullah bersabda: “Siapa yang senang untuk dilapangkan rezekinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya) maka hendaknyalah ia menyambung (tali) silaturrahim”.

Dalil lain adalah hadits yang diriwayatkan Imam Al-Bukhari dari Anas bin Malik bahwasanya Rasulullah bersabda: “Siapa yang suka untuk dilapangkan rezekinya dan diakhirkan usianya (dipanjangkan umurnya), hendaklah ia menyambung silaturrahim”.

Dalam hadits yang mulia di atas, Nabi menjelaskan bahwa silaturrahim membuahkan dua hal, kelapangan rezeki dan bertambahnya usia. Ini adalah tawaran terbuka yang disampaikan oleh makhluk Allah yang paling benar dan jujur, yang berbicara berdasarkan wahyu, Nabi Muhammad.

Maka barangsiapa menginginkan dua buah di atas hendaknya ia menaburkan benihnya, yaitu silaturrahim. Demikianlah, sehingga Imam Al-Bukhari memberi judul untuk ke dua hadits itu dengan “Bab Orang Yang Dilapangkan Rezekinya dengan Silaturrahim”. Artinya, dengan sebab silaturrahim.

Dalil lain yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari, dari Abdullah bin Umar ia berkata: “Barangsiapa bertaqwa kepada Tuhannya dan menyambung silaturrahim, niscaya dipanjangkan umurnya dan dibanyakkan rezekinya dan dicintai oleh keluarganya”.

2. Hadist Riwayat Tiga Imam (Imam Ahmad, At-Tirmidzi dan Al-Hakim)

Dari Abu Hurairah, dari Nabi beliau bersabda: “Belajarlah tentang nasab-nasab kalian sehingga kalian bisa menyambung silaturrahim. Karena sesungguhnya silaturrahim adalah (sebab adanya) kecintaan terhadap keluarga (kerabat dekat), (sebab) banyaknya harta dan bertambahnya usia”.

Dalam hadits yang mulia ini Nabi menjelaskan bahwa silaturrahim ini membuahkan tiga hal, di antaranya adalah ia menjadi sebab banyaknya harta.

3. Hadist Riwayat Imam Abdullah bin Ahmad, Al-Bazzar dan Ath-Thabrani

Dari Ali bin Abi Thalib dari Nabi, beliau bersabda: “Barangsiapa senang untuk dipanjangkan umurnya dan diluaskan rezekinya serta dihindarkan dari kematian yang buruk maka hendaklah ia bertaqwa kepada Allah dan menyambung silaturrahim”.

Dalam hadits yang mulia ini, Nabi yang jujur dan terpe rcaya, menjelaskan tiga manfaat yang terealisir bagi orang yang memiliki dua sifat; bertaqwa kepada Allah dan menyambung silaturrahim. Dan salah satu dari tiga manfaat itu adalah keluasan rezeki.

4. Hadist Riwayat Imam Ibnu Hiban

Demikian besarnya pengaruh silaturrahim dalam berkembangnya harta benda dan menjauhkan kemiskinan, sampai-sampai ahli maksiat pun, disebabkan oleh silaturrahim, harta mereka bisa berkembang, semakin banyak jumlahnya dan mereka jauh dari kefakiran, karena karunia Allah.

Imam Ibnu Hibban meriwayatkan dari Abu Bakrah dari Nabi bahwasanya beliau bersabda:  “Sesungguhnya keta’atan yang paling disegerakan pahalanya adalah silaturrahim. Bahkan hingga suatu keluarga yang ahli maskiat pun, harta mereka bisa berkembang dan jumlah mereka bertambah banyak jika mereka saling bersilaturrahim. Dan tidaklah ada suatu keluarga yang saling bersilaturrahim kemudian mereka membutuhkan (kekurangan)”.

Imam Ibnu Hibban juga meriwayatkan hadits Anas bin Malik dalam kitab shahihnya dan beliau memberi judul dengan: “Keterangan Tentang Baiknya Kehidupan dan Banyaknya Berkah dalam Rezeki Bagi Orang Yang Menyambung Silaturrahim”.

smart detox

5. Dalil lain

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Seseorang tidak membuka pintu pemberian atau silaturrahmi, kecuali Allah menambahkan baginya dan tidak seorang pun yang membuka pintu permintaan dengan tujuan untuk memperbanyak harta, kecuali Allah semakin menguranginya”.

Demikian info tentang Dalil Syari Silaturrahim Pembuka Pintu Rezeki semoga bermanfaat.

Sumber: Kunci-Kunci Rezeki, Syaikh Dr. Fadhl Ilahi

Komunitas SB1M
loading...
Program Reseller Pijar Rabbani

Leave a Reply