komunitas sb1m
Daftar Sekarang! Temukan Rahasia Bangun Web Sederhana Klik di sini

Melanjutkan Ibadah Haji dengan Umrah atau Sebaliknya

Seminar SMO dan Privat FB Ads

Melanjutkan Ibadah Haji dengan Umrah atau Sebaliknya – Di antara perbuatan yang dijadikan Allah termasuk kunci-kunci rezeki yaitu melanjutkan haji dengan umrah atau sebaliknya.

Syaikh Abul Hasan As-Sindi menjelaskan tentang maksud melanjutkan haji dengan umrah atau sebaliknya berkata: “Jadikanlah salah satunya mengikuti yang lain, di mana ia dilakukan sesudahnya”. Artinya, jika kalian menunaikan haji maka tunaikanlah umrah. Dan jika kalian me nunaikan umrah maka tunaikanlah haji, se bab ke duanya saling mengikuti.

Melanjutkan Ibadah Haji dengan Umrah atau Sebaliknya

Dalil Syar’i Bahwa Melanjutkan Haji Dengan Umrah Atau Sebaliknya

Di antara hadits-hadits yang menunjukkan bahwa melanjutkan haji dengan umrah atau sebaliknya termasuk kunci-kunci rezki adalah :

1. Hadist Imam Ibnu Hibban dan Imam Ath-Thayyibi

Imam Ahmad, At-Tirmidzi, An-Nasa’i, Ibnu Hibban me riwayatkah dari Abdullah bin Mas’ud berkata, Rasulullah bersabda: “Lanjutkanlah haji dengan umrah, karena sesungguhnya keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa, sebagaimana api dapat menghilangkan kotoran besi, emas dan perak. Dan tidak ada pahala haji yang mabrur itu melainkan Surga”.

Dalam hadits yang mulia tersebut Nabi yang terpercaya, yakni berbicara dengan wahyu menjelaskan bahwa buah melanjutkan haji dengan umrah atau sebaliknya adalah hilangnya kemiskinan dan dosa. Imam Ibnu Hibban memberi judul hadits ini dalam kitab shahihnya dengan: “Keterangan Bahwa Haji dan Umrah Menghilangkan Dosa-dosa dan Kemiskinan dari Setiap Muslim dengan Sebab Keduanya”.

Sedangkan Imam Ath-Thayyibi dalam menjelaskan sabda Nabi : “Sesungguhnya keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa”, dia berkata, “Kemampuan keduanya untuk menghilangkan kemiskinan seperti kemampuan amalan bersedekah dalam menambah harta”.

smart detox

2. Hadist Imam An-Nasai

Hadits riwayat Imam An-Nasa’i dari Ibnu Abbas c, ia berkata bahwa Rasulullah pernah bersabda: “Lanjutkanlah haji dengan umrah atau sebaliknya. Karena sesungguhnya keduanya dapat menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana api dapat menghilangkan kotoran besi”. Maka orang-orang yang menginginkan untuk dihilangkan kemiskinan dan dosa-dosanya, hendaknya ia segera melanjutkan hajinya dengan umrah atau sebaliknya.

3. Hadist Lainnya

Dari Jabir, Nabi Muhammad Saw bersabda, “Teruskanlah haji dan umrahmu, karena keduanya dapat menghapus kemiskinan dan dosa­dosa, sebagaimana alat kikir menghilangkan karat”.

Dari Umar bin Khaththab r.a, bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Sambunglah haji dan umrah, karena menyambung antara keduanya menyebabkan kemiskinan hilang dan dosa­dosa terhapus, sebagaimana api menghilangkan karat pada besi”.

Kalimat, “Menghapus kemiskinan,” menurut Mubarakfuri berarti menghilangkannya. Kemiskinan yang dimaksud di sini ada dua macam. Pertama, kemiskinan yang tampak. Hilangnya dengan mendapatkan harta. Kedua, kemiskinan yang tidak tampak. Hilangnya dengan mendapatkan kekayaan hati.

Demikian info tentang Melanjutkan Ibadah Haji dengan Umrah atau Sebaliknya semoga bermanfaat.

smart detox

Sumber: Kunci-Kunci Rezeki, Syaikh Dr. Fadhl Ilahi

Komunitas SB1M
loading...
Program Reseller Pijar Rabbani

Leave a Reply