komunitas sb1m
Daftar Sekarang! Temukan Rahasia Bangun Web Sederhana Klik di sini

Rezeki Sempit Akibat Memakan Harta Haram

Seminar SMO dan Privat FB Ads

Rezeki Sempit Akibat Memakan Harta Haram – Harta haram adalah adalah setiap harta yang diharamkan syariah atas muslim untuk memilikinya dan memanfaatkannya. Harta haram secara garis besar ada 2 (dua) macam :

Pertama, harta haram dari segi zatnya (al haram li-dzatihi), yaitu harta haram dari segi zat materi harta itu, seperti khamr, babi, bangkai, darah, dan semua najis lainnya.

Kedua, harta haram bukan dari segi zatnya (al haram li-ghairihi), yaitu harta haram bukan dari segi zat harta tapi dari sifat di luar zat harta itu. Disebut juga harta haram dari segi sebabnya (al-haram bi-sababihi) atau harta haram dari segi cara memperolehnya (al haram li kasbihi)

Rezeki Sempit Akibat Memakan Harta Haram

Macam-macam harta haram, contoh :

  • harta riba,
  • harta judi (maisir),
  • harta suap (risywah),
  • harta curian (as sariqah),
  • harta rampasan (ghashab),
  • harta hasil menipu (al ghisy), dll

Wajib Hijrah Menuju Halal

Hijrah menurut pengertian syara’ adalah keluar dari Darul Kufur menuju Darul Islam. Contoh: Hijrahnya Rasulullah SAW dari Makkah (Darul Kufur) menuju Madinah Munawwarah (Darul Islam), th. 622 M.

Hukum wajibnya hijrah dapat pula diberlakukan untuk hijrah dalam arti luas, yaitu meninggalkan segala kondisi yang dilarang Allah SWT. Sabda Rasulullah SAW : “Orang yang berhijrah adalah orang yang meninggalkan segala sesuatu yang dilarang Allah.” (HR Ibnu Hibban)

Akibat Harta Haram

Secara umum ketaatan akan membawa kebaikan (maslahat) dan sebaliknya setiap dosa (termasuk memakan harta haram) akan mengakibatkan fasad (kerusakan) atau mudharat. Berikut beberapa Firman Allah SWT terkait akibat harta haram :

smart detox
  1. Barangsiapa yang mengikut petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka. Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit. (QS Thahaa : 123-124).
  2. Maka hendaklah orang-orang yang menyalahi perintah-Nya takut akan ditimpa cobaan atau ditimpa azab yang pedih. (QS An Nuur : 63).
  3. Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya (QS Al A’raaf : 96).

Seorang muslim yang memiliki atau memanfaatkan harta haram akan menerima akibat-akibatnya di dunia maupun akhirat. Di antara akibat harta haram yaitu :

a. Harta haram akan dipikul di Hari Kiamat

Firman Allah SWT :

Tidak mungkin seorang nabi berkhianat dalam urusan harta. Barangsiapa yang berkhianat dalam urusan harta, maka pada hari kiamat ia akan datang membawa apa yang dikhianatkannya itu, kemudian tiap-tiap diri akan diberi pembalasan tentang apa yang ia kerjakan dengan (pembalasan) setimpal, sedang mereka tidak dianiaya. (QS Ali ‘Imran : 161)

b. Doanya tidak dikabulkan

Sabda Nabi SAW : “Wahai manusia! Sesungguhnya Allah itu baik dan tidak menerima kecuali yang baik. Sesungguhnya Allah memerintahkan orang-orang mukmin dengan perintah yang sama kepada para rasul, yaitu firman Allah, ‘Hai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal yang saleh. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan’ (QS Al Mu’minuun : 51)”.

Dan firman Allah, “Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu”. (QS Al Baqarah : 172)

Kemudian Nabi SAW menyebutkan seorang laki-laki yang melakukan perjalanan yang jauh, kusut, dan berdebu, lalu dia mengangkat kedua tangannya ke arah langit,”Ya Allah! Ya Allah!” Padahal makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, diberi makan dengan yang haram, lalu bagaimana mungkin doanya dikabulkan?  (HR Muslim)

c. Harta haram tsb tidak berpahala jika disedekahkan

Sabda Nabi SAW : “Barangsiapa mengumpulkan harta haram, lalu dia menyedekahkan harta itu, maka dia tidak mendapat pahalanya dan bahkan dia mendapat dosanya”. (HR Ibnu Hibban, hadits hasan).

d. Tubuhnya lebih layak masuk neraka

smart detox

Sabda Nabi SAW : “Hai Ka’ab bin ‘Ujrah, sesungguhnya tidaklah tumbuh daging dari harta yang haram, kecuali neraka lebih layak baginya.” (HR Tirmidzi).

e. Harta haram menjadi bekal ke neraka

Sabda Nabi SAW : “Seorang hamba yang mencari harta dari yang haram, lalu membelanjakannya, tidak akan mendapatkan keberkahan padanya. Kalau dia menyedekahkannya, tidak akan diterima sedekahnya. Dan kalau dia tinggalkan di belakangnya, pasti menjadi bekalnya ke neraka.” (HR Ahmad).

Demikian info tentang Rezeki Sempit Akibat Memakan Harta Haram semoga bermanfaat.

Sumber: Abbas Ahmad Muhammad Al Baz, Ahkam Al Mal Al Haram

Komunitas SB1M
loading...
Program Reseller Pijar Rabbani

Leave a Reply