komunitas sb1m
Daftar Sekarang! Temukan Rahasia Bangun Web Sederhana Klik di sini

Silaturrahim Pembuka Pintu Rezeki

Seminar SMO dan Privat FB Ads

Silaturrahim Pembuka Pintu Rezeki – Di antara kunci rizki adalah silaturrahim. Makna “ar-rahim” adalah para kerabat dekat. Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata: “Ar-rahim” secara umum adalah dimaksudkan untuk para kerabat dekat. Antara mereka terdapat garis nasab (keturunan), baik berhak mewarisi atau tidak, dan sebagai mahram atau tidak. Menurut pendapat lain, mereka adalah maharim (para kerabat dekat yang haram dinikahi) saja.

Silaturrahim Pembuka Pintu Rezeki

Pendapat pertama lebih kuat, sebab menurut batasan yang kedua, anak-anak paman dan anak-anak bibi bukan kerabat dekat karena tidak termasuk yang haram dinikahi, padahal tidak demikian.

Silaturrahim, sebagaimana dikatakan oleh Al-Mulla Ali Al-Qari adalah kinayah (ungkapan / sindiran) tentang berbuat baik kepada para karib kerabat dekat baik menurut garis keturunan maupun perkawinan, berlemah lembut dan mengasihi mereka serta menjaga keadaan mereka.

Apa Saja Sarana Untuk Silaturrahim?

Sebagian orang menyempitkan makna silaturrahim hanya dalam masalah harta. Pembatasan ini tidaklah benar. Sebab yang dimaksud silaturrahim lebih luas dari itu. Silaturrahim adalah usaha untuk memberikan kebaikan kepada kerabat dekat serta (upaya) untuk menolak keburukan dari mereka, baik dengan harta atau dengan lainnya.

Imam Ibnu Abu Jamrah berkata: “Silaturrahim itu bisa dengan harta, dengan memberikan kebutuhan mereka, dengan menolak keburukan dari mereka, dengan wajah yang berseri-seri serta dengan do’a”.

Makna silaturrahim yang lengkap adalah memberikan apa saja yang mungkin diberikan dari segala bentuk kebaikan, serta menolak apa saja yang mungkin bisa ditolak dari keburukan sesuai dengan kemampuannya (kepada kerabat dekat).

Kasih Sayang Allah di dalam Silaturrahim

smart detox

Ada sebuah hadits qudsi yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Imam Ahmad, Imam Turmudzi, Imam Abu Dawud, Imam Ibnu Hibban, Imam Baihaqi, dan Imam Al Hakim. Hadits tersebut berbunyi:

Allah SWT berfirman dalam sebuah hadits qudsi yang berbunyi, “Aku adalah Ar-Rahman. Telah Aku ciptakan Ar-Rahim dan aku petikkan baginya nama dari nama-Ku. Barang siapa yang menghubungkannya niscaya Aku menghubungkannya (dengan Rahmat-Ku), dan barang siapa yang memutuskannya niscaya Aku memutuskan hubungan-Ku dengannya, dan barang siapa yang mengokohkannya niscaya Aku mengokohkan pula hubungan-Ku dengannya. Sesungguhnya rahmat-Ku mendahului kemurkaan-Ku”.

Hadits tersebut mengandung pesan tentang betapa pentingnya mengukuhkan tali persaudaraan atau silaturrahim. Di dalam hadits tersebut juga dijelaskan bahwa keridlaan Allah sangat dipengaruhi oleh sikap kita dalam menyikapi hubungan persaudaraan dan rahmad-Nya akan senantiasa mengalir pada orang-orang yang memepererat tali persaudaraan.

Rasulullah SAW bersabda: “Tidak akan masuk surga orang-orang yang memutuskan tali silaturrahim”.

smart detox

Hadits tersebutlah yang menyentakkan kita agar kita senantiasa mempererat atau mengukuhkan silaturrahimi tali persaudaraan. Kata Ar-Rahim sendiri diambil dari nama Allah yang jumlahnya 99 (asmaul husna) dan juga kata Ar-Rahim berasal dari kata rahmah yang bermakna kasih sayang.

Silaturrahim sendiri secara umum terbagi dalam dua makna, yaitu silaturrahim dalam arti khusus dan silaturrahim dalam arti umum. Silaturrahim dalam arti khusus dipakai dalam arti kaum kerabat atau yang memiliki hubungan keluarga, sedangkan silaturrahim dalam arti umum dipakai dalam arti hubungan saudara seiman atau saudara dalam Islam.

Bentuk-bentuk silaturrahim dapat dijalin melalui kasih sayang tolong-menolong, saling mengunjungi, saling mendoakan atau bahkan dengan memberi bantuan jikalan saudara atau kerabat kita sedang membutuhkan bantuan.

Demikian info tentang Silaturrahim Pembuka Pintu Rezeki semoga bermanfaat.

Komunitas SB1M
loading...
Program Reseller Pijar Rabbani

Leave a Reply